Kebanyakan dari kita mungkin cuma tau sedikit tentang apa itu akuntan, padahal profesi ini punya banyak cabang lho! Ada yang kerja di perusahaan besar, ada yang mandiri, ada yang di pemerintahan, bahkan ada yang jadi guru atau dosen. Masing-masing punya peran dan tantangan yang beda-beda.

Secara garis besar, akuntan dapat digolongkan menjadi empat sebagai berikut.

1. Akuntan Internal

Nah, akuntan intern ini kerjanya di suatu perusahaan sebagai karyawan yang ngejalanin semua urusan akuntansi di tempat dia kerja.

Jadi, mereka itu ngurusin audit intern, nyusun laporan keuangan, desain sistem akuntansi perusahaan, bikin anggaran, urus pajak, dan lain-lain.

2. Akuntan Publik

Trus, ada juga yang namanya akuntan publik. Mereka ini kerja mandiri, bukan terikat dengan satu perusahaan aja.

Tugasnya apa?

Tugas akuntan publik adalah melakukan audit keuangan perusahaan-perusahaan untuk ngecek apakah laporannya itu udah bener dan adil. Hasil auditnya nanti bakal dibikin dalam bentuk laporan keuangan auditan.

3. Akuntan Pemerintah

Lanjut ke akuntan pemerintah. Ini adalah akuntan yang kerja di pemerintahan, di departemen-departemen tertentu.

Mereka ngurusin akuntansi buat kepentingan pengawasan dan pemeriksaan keuangan negara, kayak di BPK atau BPKP. Politeknik Keuangan Negara STAN tuh salah satu tempat yang ngelatih akuntan pemerintah.

4. Akuntan Pendidik

Terakhir, ada akuntan pendidik. Mereka ini para pengajar yang ngasih ilmu tentang akuntansi, baik itu di universitas sebagai dosen atau di sekolah sebagai guru. Mereka penting banget buat ngembangin ilmu akuntansi di masyarakat.

Cek pentingnya akuntansin bagi pihak eksternal dan internal di Pemakai Informasi Akuntansi

Nah, gitu deh gambaran kasarnya tentang macam-macam profesi akuntan. Lumayan kompleks ya, tapi semuanya penting untuk dunia keuangan dan bisnis.

Write A Comment